Rabu, 02 Februari 2011

Nabi Daud as


Dawud (bahasa Arabداوود atau داود DāwūdInggris Davíd) (sekitar 1041-971 SM)[1] adalah nabi dan rasul Allah yang disebutkan dalam Al-Qur'an. Oleh Allah, ia diberi kitab Zabur dan ia merupakan Raja Israel setelah Thalut. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 1010 SM.

[sunting]
Genealogi

Daud bin Aisya (Eeshia) bin Awid dari keturunan Yahuda bin Yaqub. Ia merupakan keturunan ke-13 dari Ibrahim melalui Ishaq.

[sunting]
Biografi

Diperkirakan Dawud hidup selama 70 hingga 106 tahun.[2][3] Dia diangkat menjadi nabi pada tahun 1010 SM. Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa ia orang yang dapat mengalahkan Jalut dan diberi mukjizat dapat melunakkan dan membengkokkan besi. Dawud dikebumikan diBaitul MaqdisPalestina dan tahtanya digantikan oleh putra tunggalnya yaitu Sulayman. Namanya disebutkan sebanyak 16 kali di dalam Al-Quran.
Diantara para nabi Allah yang lain, ia menerima wahyu berupa Zabur.4:163 Ia selalu mengingat setiap bacaan kitab Zabur dan sangat fasih dengan suara yang merdu dalam membacanya.34:10
Dawud juga disebutkan didalam Al-Qur'an sebagai anak muda yang berhasil membunuh Jalut (Goliath), ketika Bani Israel sangat takut untuk berhadapan dengannya.2:251
Dari beberapa kisah Dawud didalam Qur'an, dinyatakan bahwa ia juga sebagai Raja Dawud sebagaimana yang telah diceritakan didalamBibel dan kisah umat Yahudi. Ada beberapa perbedaan yang sangat nyata, diantara adalah kisah bahwa Dawud adalah pezinah dan pembunuh sebelum masa tobatnya, tetapi kisah tersebut sangat ditolak oleh umat Muslim.

[sunting]
Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar